Senin, 27 Mei 2019

Konfigurasi DHCP Client pada CISCO Paket Tracer


TUGAS MANDIRI 3 PT 11

Mata Kuliah    : Jaringan Komputer
Dosen             : Desmulyati, ST

Assalamualaikum Wr. Wb

Hello sobat BSI, disini saya akan melanjutkan materi pertemuan 11  yang hari ini dipelajari dikelas 12.4A.07 oleh dosen saya yaitu Ibu Desmulyati, ST tentang Konfigurasi DHCP CLIENT pada CISCO dengan menggunakan aplikasi CISCO paket tracer. berikut detail materinya dibawah ini :


Untuk postingan kali ini saya akan memberikan cara membuat Konfigurasi DHCP CLIENT  menggunakan aplikasi Cisco Packet Tracer. Dalam pembuatan jaringan ini memakai 2 buah Laptop,  dan 2 buah Switchlayer. Semua sudah terdapat di dalam aplikasi Cisco Packet Tracer tersebut. Langsung saja, berikut langkah-langkahnya :



PENDAHULUAN :


Dalam sebuah jaringan, untuk terhubung dengan perangkat yang lain tentu membutuhkan media penghubung baik dalam OSI Layer 1, 2, maupun 3. Media penghubung dalam OSI Layer 1, sudah jelas yaitu berupa kabel atau wireless. Dalam OSI Layer 2 media penghubungnya berupa MAc Address lewat VLAN. Sedangkan dalam OSI Layer 3 dengan menggunakan IP.

Menggunakan sistem pemberian IP untuk setiap komputer secara statik memang akan memudahkan dalam mengatur berapa saja IP yang ada di jaringan. Namun, jika yang jumlah perangkat yang terhubung banyak maka akan memakan waktu yang tidak sedikit. Untuk itu, diperlukan pemberian IP secara otomatis yang disebut dengan DHCP ( Dynamic Host Configuration Protocol)

DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) adalah metode pemberian IP Address secara otomatis dimana IP Address akan dibagikan secara Broadcast atau terus-menerus oleh DHCP Server kepada DHCP Client. Untuk mempelajari DHCP Server, ada banyak cara yang bisa digunakan, baik degan perangkat CiscoMikroTik, dll. Menggunakan GNS3, VMware, dll.


Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial bagaimana cara melakukan konfigurasi DHCP Client pada Cisco Packet Tracer. Langsung saja kita mulai, berikut langkahnya :

1. Buka aplikasi Cisco Paket Tracer

2. Tambahkan 2 buah switch layer

3. Tambahkan 2 buah laptop

4. Hubungkan setiap device yang ada sesuai jaringanya.


5. Lalu konfigurasi pada switchlayer menggunakan CLI pada Cisco Paket Tracer.



6. dan jika sudah mendapatkan IP Address akan ada log seperti berikut ini.

7. kemudian kita bisa check dengan perintah :
MLS2 #show ip interface brief




8. setelah itu coba test ping dari MLS2 ke PC/Laptop

KESIMPULAN : 
Dengan menggunakan DHCP, admin tidak perlu repot mengatur IP bagi masing-masing user. Lalu, jika ada user baru yang akan menyambung ke jaringan tersebut, ia akan mendapat IP secara otomatis tanpa harus menghubungi admin jaringan tersebut.

Oke sobat sekian materi yang bisa saya berikan pada pertemuan ini kurang lebihnya bisa anda praktekan sendiri secara langsung, semoga ilmunya bermanfaat. Thankyou!

REFERENCE :

0 komentar:

Posting Komentar